Kri­te­ria 3.10.1

Pe­la­yanan ke­far­ma­sian di­ke­lola se­suai de­ngan ke­bi­jakan dan pro­se­dur yang di­te­tap­kan.

Pokok Pi­kiran

  • a. Pe­la­yanan ke­far­ma­sian harus ter­se­dia di Pus­kes­mas.

    Oleh ka­rena itu, jenis dan jum­lah obat serta bahan medis habis pakai (BMHP) harus ter­se­dia se­suai de­ngan ke­bu­tuhan pe­la­yanan.

  • b. Pe­nge­lo­laan se­di­aan far­masi dan bahan medis habis pakai ter­diri atas
    1. pe­ren­ca­naan ke­bu­tuhan;
    2. per­min­taan;
    3. pe­ne­ri­maan;
    4. pe­nyim­panan;
    5. pen­dis­tri­bu­sian;
    6. pe­ngen­da­lian;
    7. pen­ca­tatan, pe­la­poran dan peng­ar­si­apan; dan
    8. pe­man­tauan dan eva­lu­asi pe­nge­lo­laan.
  • c. Pe­la­yanan far­masi di Pus­kes­mas ter­diri atas peng­ka­jian resep dan pe­nye­rahan obat;
    1. pem­be­rian in­for­masi obat (PIO);
    2. kon­se­ling;
    3. vi­site pa­sien (khu­sus Pus­kes­mas rawat inap);
    4. re­kon­si­li­asi obat;
    5. pe­man­tauan te­rapi obat (PTO); dan
    6. eva­lu­asi peng­gu­naan obat.
  • d. Pe­na­rikan obat ke­da­lu­warsa (out of date), rusak, atau obat sub­sti­tusi dari per­e­daran di­ke­lola se­suai de­ngan ke­bi­jakan dan pro­se­dur.
  • e. For­mu­la­rium obat yang me­ru­pa­kan daf­tar obat ter­pi­lih yang di­bu­tuh­kan dan harus ter­se­dia di Pus­kes­mas perlu di­su­sun se­ba­gai acuan dalam pem­be­rian pe­la­yanan ke­pada pa­sien de­ngan meng­acu pada for­mu­la­rium na­si­o­nal;

    pe­mi­lihan jenis obat di­la­ku­kan me­la­lui pro­ses ko­la­bo­ra­tif an­tar­pem­beri asuhan de­ngan mem­per­tim­bang­kan ke­bu­tuhan pa­sien, ke­a­manan, dan efi­si­ensi.

  • f. Jika ter­jadi ke­ha­bisan obat ka­rena
    • ter­lam­bat­nya pe­ngi­riman,
    • ku­rang­nya stok na­si­o­nal, atau
    • sebab lain yang tidak dapat di­an­ti­si­pasi dalam pe­ngen­da­lian in­ven­ta­ris yang nor­mal,

    perlu di­a­tur suatu pro­ses untuk meng­i­ngat­kan para dok­ter/​dok­ter gigi ten­tang ke­ku­rangan obat ter­se­but dan saran untuk peng­gan­ti­nya.

  • g. Obat yang di­se­di­a­kan harus dapat di­ja­min ke­as­lian dan ke­a­man­an­nya.

    Oleh ka­rena itu, perlu di­la­ku­kan pe­nge­lo­laan ran­tai peng­a­daan obat.

    Pe­nge­lo­laan ran­tai peng­a­daan obat ada­lah suatu rang­kaian ke­gi­atan yang me­li­puti pro­ses pe­ren­ca­naan dan pe­mi­lihan, peng­a­daan, pe­ne­ri­maan, pe­nyim­panan, pen­dis­tri­bu­sian, dan peng­gu­naan obat.

  • h. Pe­re­se­pan di­la­ku­kan oleh te­naga medis.

    Dalam pe­la­yanan resep, pe­tu­gas far­masi wajib me­la­ku­kan peng­ka­jian/​te­laah resep yang me­li­puti

    • pe­me­nuhan per­sya­ratan ad­mi­nis­tra­tif,
    • per­sya­ratan far­ma­seu­tik, dan
    • per­sya­ratan kli­nis se­suai de­ngan per­a­turan per­un­dang-un­dangan,

    an­tara lain,

    • (a) ke­te­patan iden­ti­tas pa­sien, obat, dosis, fre­ku­ensi, aturan minum/​makan obat, dan waktu pem­be­rian;
    • (b) dup­li­kasi peng­o­batan;
    • (c) po­tensi alergi atau sen­si­ti­vi­tas;
    • (d) in­ter­aksi an­tara obat dan obat lain atau de­ngan ma­kanan;
    • (e) va­ri­asi kri­te­ria peng­gu­naan;
    • (f) berat badan pa­sien dan/​atau in­for­masi fi­si­o­lo­gik la­in­nya; dan
    • (g) kon­tra in­di­kasi.
  • i. Dalam pem­be­rian obat, harus juga di­la­ku­kan ka­jian benar yang me­li­puti ke­te­patan iden­ti­tas pa­sien, ke­te­patan obat, ke­te­patan dosis, ke­te­patan rute pem­be­rian, dan ke­te­patan waktu pem­be­rian.
  • j. Untuk Pus­kes­mas rawat inap, peng­gu­naan obat oleh pa­sien/​peng­o­batan sen­diri, baik yang di­bawa ke Pus­kes­mas, yang di­re­sep­kan, ma­u­pun yang di­pe­san di Pus­kes­mas, di­ke­ta­hui dan di­ca­tat dalam rekam medis.

    Harus di­lak­sa­na­kan peng­a­wasan peng­gu­naan obat, ter­u­tama obat psi­ko­tro­pika se­suai de­ngan ke­ten­tuan per­a­turan per­un­dang-un­dangan.

  • k. Obat yang perlu di­was­pa­dai ada­lah obat yang me­ngan­dung ri­siko yang me­ning­kat bila ada salah peng­gu­naan dan dapat me­nim­bul­kan ke­ru­gian besar pada pa­sien.
  • l. Obat yang perlu di­was­pa­dai (high alert) ter­diri atas :
    1. obat ri­siko tinggi, yaitu obat yang bila ter­jadi ke­sa­lahan (error) dapat me­nim­bul­kan ke­ma­tian atau ke­ca­catan, se­perti insulin, heparin, atau ke­mo­te­ra­peu­tik; dan
    2. obat yang nama, ke­masan, label, peng­gu­naan kli­nik tam­pak/​ke­li­hatan sama (look alike), dan bunyi ucapan sama (sound alike),

      se­perti Xanax dan Zantac atau hydralazine dan hydroxyzine atau di­se­but juga nama obat rupa ucapan mirip (NORUM).

  • m. Agar obat layak di­kon­sumsi oleh pa­sien, ke­ber­sihan dan ke­a­manan ter­ha­dap obat yang ter­se­dia harus di­la­ku­kan mulai dari
    • peng­a­daan,
    • pe­nyim­panan,
    • pen­dis­tri­bu­sian, dan
    • pe­nyam­paian obat ke­pada pa­sien serta
    • pe­na­ta­lak­sa­naan obat ke­da­lu­warsa (out of date), rusak, atau obat sub­sti­tusi.
  • n. Pus­kes­mas me­ne­tap­kan ke­bi­jakan dan pro­se­dur dalam pe­nyam­paian obat ke­pada pa­sien agar pa­sien me­ma­hami in­di­kasi, dosis, cara peng­gu­naan obat, dan efek sam­ping yang mung­kin ter­jadi.
  • o. Pa­sien, dok­ternya, pe­ra­wat dan pe­tu­gas ke­se­hatan yang lain be­kerja ber­sama untuk me­man­tau pa­sien yang men­da­pat obat.

    Tu­juan pe­man­tauan ada­lah untuk meng­e­va­lu­asi efek peng­o­batan ter­ha­dap ge­jala pa­sien atau pe­nya­kit­nya dan untuk meng­e­va­lu­asi pa­sien ter­ha­dap ke­ja­dian efek sam­ping obat.

  • p. Ber­da­sar­kan pe­man­tauan, dosis, atau jenis obat, bila perlu, dapat di­se­su­ai­kan de­ngan mem­per­ha­ti­kan pem­be­rian obat se­cara ra­si­o­nal.
    • Pe­man­tauan di­mak­sud­kan untuk meng­i­den­ti­fi­kasi res­pons te­ra­peu­tik yang di­an­ti­si­pasi ata­u­pun re­aksi aler­gik dan in­ter­aksi obat yang tidak di­an­ti­si­pasi serta untuk men­ce­gah ri­siko bagi pa­sien.
    • Me­man­tau efek obat dalam hal ini ter­ma­suk meng­ob­ser­vasi dan men­do­ku­men­ta­si­kan se­tiap ke­ja­dian salah obat (me­di­ca­tion error).
  • q. Bila ter­jadi ke­ga­wat­da­ru­ratan pa­sien, akses cepat ter­ha­dap obat gawat da­ru­rat (emer­gency) yang tepat ada­lah sa­ngat pen­ting.

    Perlu di­te­tap­kan lo­kasi pe­nyim­panan obat gawat da­ru­rat di tem­pat pe­la­yanan dan obat gawat da­ru­rat yang harus di­sup­lai ke lo­kasi ter­se­but.

  • r. Untuk me­mas­ti­kan akses ke obat gawat da­ru­rat bi­la­mana di­per­lu­kan, di­se­di­a­kan pro­se­dur untuk men­ce­gah pe­nya­lah­gu­naan, pen­cu­rian, atau ke­hi­langan ter­ha­dap obat di­mak­sud.

    Pro­se­dur ini me­mas­ti­kan bahwa obat di­ganti bi­la­mana di­gu­na­kan, rusak, atau ke­da­lu­warsa.

    Ke­se­im­bangan an­tara akses, ke­si­apan, dan ke­a­manan dari tem­pat pe­nyim­panan obat gawat da­ru­rat perlu di­pe­nuhi.

  • s. Re­kon­si­li­asi obat me­ru­pa­kan pro­ses mem­ban­ding­kan in­struksi peng­o­batan de­ngan obat yang telah di­da­pat pa­sien.

    Re­kon­si­li­asi di­la­ku­kan untuk men­ce­gah ter­ja­di­nya ke­sa­lahan pe­la­yanan obat (me­di­ca­tion error), se­perti obat tidak di­be­r­i­kan, dup­li­kasi, ke­sa­lahan dosis, atau in­ter­aksi obat.

  • t. Tu­juan di­la­ku­k­an­nya re­kon­si­li­asi obat ada­lah:
    • (1) me­mas­ti­kan in­for­masi yang aku­rat ten­tang obat yang di­gu­na­kan pa­sien;
    • (2) meng­i­den­ti­fi­kasi ke­ti­dak­se­su­aian aki­bat tidak ter­do­ku­men­ta­si­nya in­struksi dok­ter; dan
    • (3) meng­i­den­ti­fi­kasi ke­ti­dak­se­su­aian aki­bat tidak ter­ba­canya in­struksi dok­ter.
  • u. Tahap pro­ses re­kon­si­li­asi obat ada­lah se­ba­gai ber­i­kut.
    1. Pe­ngum­pulan data.
      Tahap ini di­la­ku­kan de­ngan men­ca­tat data dan mem­ve­ri­fi­kasi obat yang se­dang dan akan di­gu­na­kan pa­sien yang me­li­puti
      • nama obat,
      • dosis,
      • fre­ku­ensi,
      • rute,
      • obat mulai di­be­r­i­kan,
      • obat di­ganti,
      • obat di­lan­jut­kan,
      • obat di­hen­ti­kan,
      • ri­wa­yat alergi pa­sien, serta
      • efek sam­ping obat yang per­nah ter­jadi.

      Khu­sus untuk data alergi dan efek sam­ping obat, di­ca­tat
      • tang­gal ke­ja­dian,
      • obat yang me­nye­bab­kan ter­ja­di­nya re­aksi alergi dan efek sam­ping,
      • efek yang ter­jadi, dan
      • ting­kat ke­pa­rahan.

      Data ri­wa­yat peng­gu­naan obat di­da­pat­kan dari
      • pa­sien,
      • ke­lu­arga pa­sien,
      • daf­tar obat pa­sien,
      • obat yang ada pada pa­sien, dan
      • rekam medis (me­di­ca­tion chart).

      Data obat yang dapat di­gu­na­kan tidak lebih dari tiga bulan se­be­lum­nya.

      Pada semua obat yang di­gu­na­kan oleh pa­sien, baik resep ma­u­pun obat bebas ter­ma­suk her­bal, harus di­la­ku­kan pro­ses re­kon­si­li­asi

    2. Kom­pa­rasi.
      Pe­tu­gas ke­se­hatan mem­ban­ding­kan data obat yang per­nah, se­dang, dan akan di­gu­na­kan.

      Ke­ti­dak­co­cokan (dis­cre­pancy) ada­lah bi­la­mana di­te­mu­kan ke­ti­dak­co­cokan/​per­be­daan di an­tara data-data ter­se­but.


      Ke­ti­dak­co­cokan dapat pula ter­jadi bila ada obat yang
      • hi­lang,
      • ber­beda,
      • di­tam­bah­kan, atau
      • di­ganti tanpa ada pen­je­lasan yang di­do­ku­men­ta­si­kan pada rekam medis pa­sien.

      Ke­ti­dak­co­cokan ini dapat ber­si­fat
      • di­se­ngaja (in­ten­ti­o­nal) oleh dok­ter pada saat pe­nu­lisan resep ata­u­pun
      • tidak di­se­ngaja (unin­ten­ti­o­nal) ke­tika dok­ter tidak tahu ada­nya per­be­daan pada saat me­nu­lis­kan resep.
    3. Apo­te­ker me­la­ku­kan kon­fir­masi ke­pada dok­ter jika me­ne­mu­kan ke­ti­dak­se­su­aian do­ku­men­tasi.

      Bila ada ke­ti­dak­se­su­aian, dok­ter harus di­hu­bungi ku­rang dari 24 jam.


      Hal lain yang harus di­la­ku­kan oleh apo­te­ker ada­lah:
      • (a) me­nen­tu­kan bahwa ada­nya per­be­daan ter­se­but di­se­ngaja atau tidak di­se­ngaja;
      • (b) men­do­ku­men­ta­si­kan alasan peng­hen­tian, pe­nun­daan, atau peng­ganti; dan
      • (c) mem­be­ri­kan tanda ta­ngan, tang­gal, dan waktu di­la­ku­k­an­nya re­kon­sil­li­asi obat.
    4. Ko­mu­ni­kasi.

    Ko­mu­ni­kasi di­la­ku­kan de­ngan pa­sien dan/​atau ke­lu­arga pa­sien atau pe­ra­wat me­nge­nai per­u­bahan te­rapi yang ter­jadi.


    Apo­te­ker ber­tang­gung jawab ter­ha­dap in­for­masi obat yang di­be­r­i­kan.

Ele­men Pe­ni­laian

  • a) Ter­se­dia daf­tar for­mu­la­rium obat pus­kes­mas (D).
    • For­mu­la­rium Obat Pus­kes­mas
    • Bukti Pe­nyu­sunan For­mu­la­rium Obat
  • b) Di­la­ku­kan pe­nge­lo­laan se­di­aan far­masi dan bahan medis habis pakai oleh te­naga ke­far­ma­sian se­suai de­ngan pe­do­man dan pro­se­dur yang telah di­te­tap­kan (R, D, O, W).
    • SK ten­tang pe­la­yanan ke­far­ma­sian
    • SOP ten­tang pe­nge­lo­laan se­di­aan far­masi dan bahan habis pakai
    • LPLPO serta bukti peng­a­wasan pe­nge­lo­laan dan peng­gu­naan obat oleh Dinas Ke­se­hatan
    • Bukti pe­ne­ri­maan obat dan kartu stok obat
    • Bukti pe­na­nganan obat ka­da­lu­arsa
    • Bukti pe­nyim­panan obat FIFO, FEFO
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap pe­nge­lo­laan se­di­aan far­masi
    • Pe­tu­gas Far­masi: Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang far­masi dan bahan habis pakai
  • c) Di­la­ku­kan re­kon­si­li­asi obat dan pe­la­yanan far­masi kli­nik oleh te­naga ke­far­ma­sian se­suai de­ngan pro­se­dur yang telah di­te­tap­kan (R, D, O, W).
    • SOP re­kon­si­li­asi obat
    • SOP pe­la­yanan far­masi kli­nik
    • Bukti re­kon­si­li­asi obat
    • Bukti asuhan far­masi dalam CPPT rekam medis
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap pe­lak­sa­naan re­kon­si­li­asi obat dan pe­la­yanan far­masi kli­nik
    • Pe­tu­gas Far­masi:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­lak­sa­naan re­kon­si­li­asi obat dan pe­la­yanan far­masi kli­nik
  • d) Di­la­ku­kan ka­jian resep dan pem­be­rian obat de­ngan benar pada se­tiap pe­la­yanan pem­be­rian obat (R, D, O, W)
    • SOP ka­jian resep dan pem­be­rian obat resep dan pem­be­rian obat
    • Bukti ka­jian/​te­laah resep
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap ka­jian
    • Pe­tu­gas Far­masi:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang ka­jian resep dan pem­be­rian obat
  • e) Di­la­ku­kan edu­kasi ke­pada se­tiap pa­sien ten­tang in­di­kasi dan cara peng­gu­naan obat (R, D, O, W).
    • SOP pem­be­rian in­for­masi obat (PIO)
    • Bukti pe­lak­sa­aan PIO
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap pe­lak­sa­naan PIO
    • Pe­tu­gas Far­masi:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­lak­sa­naan PIO
  • f) Obat gawat da­ru­rat ter­se­dia pada unit yang di­per­lu­kan dan dapat di­ak­ses untuk me­me­nuhi ke­bu­tuhan yang ber­si­fat gawat da­ru­rat, lalu di­pan­tau dan di­ganti tepat waktu se­te­lah di­gu­na­kan atau jika ke­da­lu­warsa ( R, D, O, W).
    • SOP pe­nye­di­aan dan pe­nyim­panan obat gawat da­ru­rat
    • SOP pe­man­tauan/ mo­ni­to­ring obat gawat da­ru­rat se­cara ber­kala
    • Bukti pe­nye­di­aan obat emer­gensi serta mo­ni­to­ring­nya
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap
      • tem­pat pe­nyim­panan obat emer­gensi,
      • cara meng­ak­ses,
      • pe­man­tauan dan
      • peng­gan­tian obat emer­gensi,
      • jum­lah stock obat de­ngan
      • kartu stock obat
    • Pe­tu­gas di ruang yang me­lak­sa­na­kan tin­dakan:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­lak­sa­naan pe­nge­lo­laan obat gawat da­ru­rat
  • g) Di­la­ku­kan eva­lu­asi dan tin­dak lan­jut ter­ha­dap ke­ter­se­di­aan obat dan ke­se­su­aian pe­re­se­pan de­ngan for­mu­la­rium (D, W)
    • Bukti eva­lu­asi ke­ter­se­di­aan obat dan ke­se­su­aian pe­re­se­pan de­ngan for­mu­la­rium
    • Bukti hasil tin­dak­lan­jut dari pe­lak­sa­naan eva­lu­asi obat dan ke­se­su­aian pe­re­se­pan de­ngan for­mu­la­rium.
    • Pe­tu­gas far­masi:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­lak­sa­naan eva­lu­asi dan tin­dak­lan­jut ter­ha­dap ke­ter­se­di­aan obat dan ke­se­su­ain pe­re­se­pan de­ngan for­mu­la­rium.