Kri­te­ria 3.6.1

Pe­mu­langan dan tin­dak lan­jut pa­sien yang ber­tu­juan untuk ke­lang­sungan la­yanan di­pandu oleh pro­se­dur baku.

Pokok Pi­kiran

  1. Untuk men­ja­min ke­si­nam­bungan pe­la­yanan, perlu di­te­tap­kan ke­bi­jakan dan pro­se­dur pe­mu­langan pa­sien dan tin­dak lan­jut.
  2. Dok­ter/​dok­ter gigi ber­sama de­ngan te­naga ke­se­hatan yang lain me­nyu­sun ren­cana pe­mu­langan ber­sama de­ngan pa­sien/​ke­lu­arga pa­sien.
    Ren­cana pe­mu­langan ter­se­but ber­isi in­struksi dan/​atau du­kungan yang perlu di­be­r­i­kan baik oleh Pus­kes­mas ma­u­pun ke­lu­arga pa­sien pada saat pe­mu­langan ata­u­pun tin­dak lan­jut di rumah, se­suai de­ngan hasil ka­jian yang di­la­ku­kan.
  3. Pe­mu­langan pa­sien di­la­ku­kan ber­da­sar kri­te­ria yang di­te­tap­kan oleh dok­ter/​dok­ter gigi yang ber­tang­gung jawab ter­ha­dap pa­sien untuk me­mas­ti­kan bahwa kon­disi pa­sien layak untuk di­pu­lang­kan dan akan mem­per­o­leh tin­dak lan­jut pe­la­yanan se­su­dah di­pu­lang­kan,
    mi­sal­nya
    • pa­sien rawat jalan yang tidak me­mer­lu­kan pe­ra­watan rawat inap,
    • pa­sien rawat inap tidak lagi me­mer­lu­kan pe­ra­watan rawat inap di Pus­kes­mas,
    • pa­sien yang ka­rena kon­di­si­nya me­mer­lu­kan ru­jukan ke FKRTL,
    • pa­sien yang ka­rena kon­di­si­nya dapat di­ra­wat di rumah atau rumah pe­ra­watan,
    • pa­sien yang me­no­lak untuk pe­ra­watan rawat inap,
    • pa­sien/​ke­lu­arga pa­sien yang me­minta pu­lang atas per­min­taan sen­diri.
  4. Re­sume pa­sien pu­lang mem­be­ri­kan gam­baran ten­tang pa­sien se­lama rawat inap.
    Re­sume ini be­ri­sikan:
    1. ri­wa­yat ke­se­hatan, hasil pe­me­rik­saan fisik, pe­me­rik­saan di­ag­nos­tik;
    2. in­di­kasi pa­sien rawat inap, di­ag­no­sis, dan kor­mo­bi­di­tas lain;
    3. pro­se­dur tin­dakan dan te­rapi yang telah di­be­r­i­kan;
    4. obat yang sudah di­be­r­i­kan dan obat untuk pu­lang;
    5. kon­disi ke­se­hatan pa­sien; dan
    6. in­struksi tin­dak lan­jut dan pen­je­las­kan ke­pada pa­sien, ter­ma­suk nomor kon­tak yang dapat di­hu­bungi dalam si­tu­asi da­ru­rat.
  5. In­for­masi ten­tang re­sume pa­sien pu­lang yang di­be­r­i­kan ke­pada pa­sien/​ke­lu­arga pa­sien pada saat pe­mu­langan atau ru­jukan ke fa­si­li­tas ke­se­hatan yang lain di­per­lu­kan agar pa­sien/​ke­lu­arga pa­sien me­ma­hami tin­dak lan­jut yang perlu di­la­ku­kan untuk men­ca­pai hasil pe­la­yanan yang op­ti­mal.
  6. Re­sume medis pa­sien pa­ling se­di­kit ter­diri atas:
    1. iden­ti­tas Pa­sien;
    2. di­ag­no­sis masuk dan in­di­kasi pa­sien di­ra­wat;
    3. ring­kasan hasil pe­me­rik­saan fisik dan pe­nun­jang, di­ag­no­sis akhir, peng­o­batan, dan ren­cana tin­dak lan­jut pe­la­yanan ke­se­hatan; dan
    4. nama dan tanda ta­ngan dok­ter atau dok­ter gigi yang mem­be­ri­kan pe­la­yanan ke­se­hatan.
  7. Re­sume medis yang di­be­r­i­kan ke­pada pa­sien saat pu­lang dari rawat inap ter­diri atas:
    1. data umum pa­sien;
    2. anam­ne­sis (ri­wa­yat pe­nya­kit dan peng­o­batan);
    3. pe­me­rik­saan; dan
    4. te­rapi, tin­dakan dan / atau an­juran.

Ele­men Pe­ni­laian

  • Dok­ter/​dok­ter gigi, pe­ra­wat/​bidan, dan pem­beri asuhan yang lain me­lak­sa­na­kan pe­mu­langan, ru­jukan, dan asuhan tin­dak lan­jut se­suai de­ngan ren­cana yang di­su­sun dan kri­te­ria pe­mu­langan (R, D).
    • SK pe­la­yanan kli­nis ten­tang kri­te­ria pe­mu­langan pa­sien gawat da­ru­rat, pa­sien de­ngan per­sa­linan dan bayi
    • SOP pe­mu­langan dan tin­dak lan­jut pa­sien,
    • Rekam medis pa­sien/ CPPT,
    • re­sume medis pa­sien pu­lang/ di­ru­juk, dan
    • ca­tatan Tin­dak lan­jut

  • Re­sume medis di­be­r­i­kan ke­pada pa­sien dan pihak yang ber­ke­pen­tingan saat pe­mu­langan atau ru­jukan (D, O, W)
    • Rekam Medis
      Te­laah ca­tatan dalam re­sume medis yang di­be­r­i­kan ke­pada pa­sien, di­da­lam rekam medis
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap pem­be­rian re­sume medis oleh te­naga medis pada saat pe­lak­sa­naan pe­mu­langan pa­sien/​ru­jukan
    • Dok­ter, Pe­ra­wat, Bidan: Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pem­be­rian re­sume medis pe­mu­langan pa­sien/​ru­jukan