Kri­te­ria 3.7.1

Pe­lak­sa­naan pe­la­yanan ru­jukan di­la­ku­kan se­suai de­ngan ke­ten­tuan ke­bi­jakan dan pro­se­dur yang telah di­te­tap­kan dan meng­acu pada ke­ten­tuan per­a­turan per­un­dang-un­dangan.

Pokok Pi­kiran

  1. Untuk men­ja­min ke­si­nam­bungan pe­la­yanan, pada pa­sien yang di­ru­juk balik dari FKRTL di­lak­sa­na­kan tin­dak lan­jut se­suai de­ngan umpan balik ru­jukan dan ha­sil­nya di­ca­tat dalam rekam medis.
  2. Jika Pus­kes­mas me­ne­rima umpan balik ru­jukan pa­sien dari fa­si­li­tas ke­se­hatan ru­jukan ting­kat lan­jut atau fa­si­li­tas ke­se­hatan lain, tin­dak lan­jut di­la­ku­kan se­suai pro­se­dur yang ber­laku me­la­lui pro­ses ka­jian de­ngan mem­per­ha­ti­kan re­ko­men­dasi umpan balik ru­jukan.
  3. Dalam pe­lak­sa­naan rujuk balik harus di­la­ku­kan pe­man­tauan (mo­ni­to­ring) dan do­ku­men­tasi pe­lak­sa­naan rujuk balik.

Ele­men Pe­ni­laian

  • a) Pa­sien/​ke­lu­arga ter­de­kat pa­sien mem­per­o­leh in­for­masi ru­jukan dan mem­beri per­se­tu­juan untuk di­la­ku­kan ru­jukan ber­da­sar­kan ke­bu­tuhan pa­sien dan kri­te­ria ru­jukan untuk men­ja­min ke­lang­sungan la­yanan ke fa­si­li­tas ke­se­hatan yang lain (D, W).
    • Surat Per­se­tu­juan ru­jukan
    • In­for­med con­sent.
    • Pa­sien/​ke­lu­arga pa­sien:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­la­yanan ru­jukan dan per­se­tu­juan untuk di­la­ku­kan ru­jukan

      Ca­tatan: Jika ada kasus ru­jukan

  • b) Di­la­ku­kan ko­mu­ni­kasi de­ngan fa­si­li­tas ke­se­hatan yang men­jadi tu­juan ru­jukan dan di­la­ku­kan tin­dakan sta­bi­li­sasi ter­le­bih da­hulu ke­pada pa­sien se­be­lum di­ru­juk se­suai kon­disi pa­sien, in­di­kasi medis dan ke­mam­puan dan we­we­nang yang di­mi­liki agar ke­se­la­matan pa­sien se­lama pe­lak­sa­naan ru­jukan dapat ter­ja­min (D, W).
    • Bukti ko­mu­ni­kasi efek­tif (SBAR dan TBAK) de­ngan fa­si­li­tas ke­se­hatan ru­jukan
    • Te­laah Rekam medis (ca­tatan sta­bi­li­sasi pa­sien se­be­lum di­ru­juk ke FKTRL),
    • Cek­list per­si­apan pa­sien ru­jukan.
    • Pe­tu­gas yang mem­be­ri­kan ru­jukan:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­lak­sa­naan ko­mu­ni­kasi de­ngan fa­si­li­tas ke­se­hatan yang men­jadi tu­juan ru­jukan dan pe­lak­sa­naan mo­ni­to­ring/​sta­bi­li­sasi pa­sien

      Ca­tatan: Jika ada kasus ru­jukan

  • c) Di­la­ku­kan serah te­rima pa­sien yang di­ser­tai de­ngan in­for­masi yang leng­kap me­li­puti si­tu­a­tion, ba­ckgro­und, as­sess­ment, re­co­mem­da­tion (SBAR) ke­pada pe­tu­gas (D, W)
    • Re­sume pa­sien,
    • Bukti serah te­rima pa­sien yang di­leng­kapi de­ngan SBAR, stem­pel FKTRL serta nama pe­tu­gas yang me­ne­rima ru­jukan.
    • Surat Ru­jukan dan form mo­ni­to­ring se­lama ru­jukan
    • Pe­tu­gas yang mem­be­ri­kan ru­jukan:
      Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pro­ses serah te­rima pa­sien ter­ma­suk im­ple­men­tasi SBAR