Kri­te­ria 5.3.2

Pro­ses untuk me­ning­kat­kan efek­ti­vi­tas ko­mu­ni­kasi dalam pem­be­rian asuhan di­te­tap­kan dan di­lak­sa­na­kan.

Pokok Pi­kiran

  1. Ke­sa­lahan pem­bu­atan ke­pu­tusan kli­nis, tin­dakan, dan peng­o­batan dapat ter­jadi aki­bat ko­mu­ni­kasi yang tidak efek­tif dalam pro­ses asuhan pa­sien.
  2. Ko­mu­ni­kasi yang efek­tif, tepat waktu, aku­rat, leng­kap, jelas, dan dapat di­pa­hami pe­ne­rima akan me­ngu­rangi ke­sa­lahan dan meng­ha­sil­kan per­ba­ikan ke­se­la­matan pa­sien.
  3. Ko­mu­ni­kasi yang ren­tan me­nim­bul­kan ke­sa­lahan, an­tara lain, ter­jadi pada saat
    • (1) pem­be­rian pe­rin­tah se­cara ver­bal,
    • (2) pem­be­rian pe­rin­tah ver­bal me­la­lui te­le­pon,
    • (3) pe­nyam­paian hasil kri­tis pe­me­rik­saan pe­nun­jang di­ag­no­sis,
    • (4) serah te­rima an­tar­gi­liran (shift), dan
    • (5) pe­min­dahan pa­sien dari unit yang satu ke unit yang lain.
  4. Ke­bi­jakan dan pro­se­dur ko­mu­ni­kasi efek­tif perlu di­su­sun dan di­te­rap­kan dalam
    • pe­nyam­paian pesan ver­bal,
    • pesan ver­bal lewat te­le­pon,
    • pe­nyam­paian nilai kri­tis hasil pe­me­rik­saan pe­nun­jang di­ag­no­sis,
    • serah te­rima pa­sien pada serah te­rima jaga atau
    • serah te­rima dari unit yang satu ke unit yang lain,

      mi­sal­nya untuk pe­me­rik­saan pe­nun­jang dan pe­min­dahan pa­sien ke unit lain.

  5. Pe­la­poran kon­disi pa­sien dalam ko­mu­ni­kasi ver­bal atau lewal te­le­pon, an­tara lain, dapat di­la­ku­kan de­ngan meng­gu­na­kan tek­nik SBAR (si­tu­a­tion, ba­ckgro­und, asess­ment, re­com­men­da­tion).
  6. Se­dang­kan saat me­ne­rima in­struksi lewat te­le­pon dapat meng­gu­na­kan me­tode re­ad­back (write down, read back and con­fir­ma­tion).
  7. Pe­lak­sa­naan serah te­rima pa­sien de­ngan tek­nik SBAR di­la­ku­kan de­ngan mem­per­ha­ti­kan
    • ke­sem­patan untuk ber­ta­nya dan mem­beri pen­je­lasan (re­ad­back, re­peat back),
    • meng­gu­na­kan for­mu­lir yang baku, dan ber­isi in­for­masi kri­ti­kal yang harus di­sam­pai­kan, an­tara lain,
      1. ten­tang sta­tus/​kon­disi pa­sien,
      2. peng­o­batan,
      3. ren­cana asuhan,
      4. tin­dak lan­jut yang harus di­la­ku­kan,
      5. ada­nya per­u­bahan sta­tus/​kon­disi pa­sien yang sig­ni­fi­kan, dan
      6. ke­ter­ba­tasan atau ri­siko yang mung­kin di­a­lami oleh pa­sien.
  8. Pe­lak­sa­naan ko­mu­ni­kasi efek­tif ver­bal atau lewat te­le­pon saat me­ne­rima in­struksi
    • di­tu­lis de­ngan leng­kap (T),
    • di­baca ulang oleh pe­ne­rima pe­rin­tah (B), dan
    • di­kon­fir­masi ke­pada pem­beri pe­rin­tah (K),

    yang di­ke­nal de­ngan TBAK.

  9. Nilai kri­tis hasil pe­me­rik­saan pe­nun­jang yang ber­ada di luar ren­tang angka nor­mal se­cara men­co­lok harus di­te­tap­kan dan se­gera di­la­por­kan oleh te­naga ke­se­hatan yang ber­tang­gung jawab dalam pe­la­yanan pe­nun­jang ke­pada dok­ter pe­nang­gung jawab pa­sien se­suai de­ngan ke­ten­tuan waktu yang di­te­tap­kan oleh Pus­kes­mas mengu­na­kan me­tode re­ad­back (write down, read back and con­fir­ma­tion).
  10. Untuk me­ning­kat­kan kom­pe­tensi dalam me­la­ku­kan ko­mu­ni­kasi efek­tif, perlu di­la­ku­kan edu­kasi ke­pada kar­ya­wan.

    Edu­kasi dapat di­la­ku­kan dalam ben­tuk pe­la­tihan, lo­ka­karya, pe­la­tihan kerja (on the job tra­i­ning), atau ben­tuk lain yang di­ang­gap efek­tif untuk trans­fer ke­mam­puan (skill) dan pe­nge­ta­huan ter­ha­dap pe­ning­katan kom­pe­tensi kar­ya­wan dalam me­la­ku­kan ko­mu­ni­kasi efek­tif.

Ele­men Pe­ni­laian

  • a) Pem­be­rian pe­rin­tah se­cara ver­bal lewat te­le­pon meng­gu­na­kan tek­nik SBAR dan TBAK se­suai dalam Pokok Pi­kiran (D, W).
    • Bukti TBAK dan/​atau Bukti SBAR yang di­ma­suk­kan dalam rekam medis pa­sien
    • Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pro­ses pe­lak­sa­naan TBAK atau SBAR
  • b) Pe­la­poran kon­disi pa­sien dan pe­la­poran nilai kri­tis hasil pe­me­rik­saan la­bo­ra­to­rium di­la­ku­kan se­suai de­ngan pro­se­dur, yaitu di­tu­lis leng­kap, di­baca ulang oleh pe­ne­rima pesan, dan di­kon­fir­masi oleh pem­beri pesan, dan di­ca­tat dalam rekam medis, ter­ma­suk iden­ti­fi­kasi ke­pada siapa nilai kri­tis hasil pe­me­rik­saan la­bo­ra­to­rium di­la­por­kan (D,W,S).
    • Te­laah rekam medis
    • Te­laah buku pen­ca­tatan hasil la­bo­ra­to­rium
    • Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­la­poran kon­disi pa­sien dan pe­la­poran nilai kri­tis
    • Pe­tu­gas Pus­kes­mas di­minta untuk men­si­mu­la­si­kan pe­la­poran nilai kri­tis
  • c) Di­la­ku­kan ko­mu­ni­kasi efek­tif pada pro­ses serah te­rima pa­sien yang me­muat hal kri­ti­kal di­la­ku­kan se­cara kon­sis­ten se­suai de­ngan pro­se­dur dan me­tode SBAR de­ngan meng­gu­na­kan for­mu­lir yang di­ba­ku­kan (R, D, W,S)
    • SOP pe­lak­sa­naan ko­mu­ni­kasi efek­tif
    • Bukti SBAR yang ter­ca­tat dalam for­mu­lar SBAR
    • Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pe­lak­sa­naan ko­mu­ni­kasi efek­tif pada pro­ses serah te­rima pa­sien
    • Pe­tu­gas Pus­kes­mas di­minta untuk men­si­mu­la­si­kan ko­mu­ni­kasi efek­tif pada pro­ses serah te­rima pa­sien