Kri­te­ria 5.4.1

Di­la­ku­kan pe­la­poran, do­ku­men­tasi, ana­li­sis akar ma­sa­lah, dan pe­nyu­sunan tin­dakan ko­rek­tif se­ba­gai upaya per­ba­ikan, dan pen­ce­gahan po­tensi in­si­den ke­se­la­matan pa­sien.

Pokok Pi­kiran

  1. In­si­den ke­se­la­matan pa­sien ada­lah se­tiap ke­ja­dian yang tidak di­se­ngaja dan kon­disi yang meng­a­ki­bat­kan atau ber­po­tensi meng­a­ki­bat­kan ce­dera yang dapat di­ce­gah pada pa­sien.
  2. In­si­den ke­se­la­matan pa­sien ter­diri atas
    • (1) kon­disi po­ten­sial ce­dera sig­ni­fi­kan (KPCS),
    • (2) ke­ja­dian nya­ris ce­dera (KNC),
    • (3) ke­ja­dian tidak ce­dera (KTC),
    • (4) ke­ja­dian tidak di­ha­rap­kan (KTD), dan
    • (5) ke­ja­dian sen­ti­nel (KS).
  3. Upaya ke­se­la­matan pa­sien di­la­ku­kan untuk men­ce­gah ter­ja­di­nya in­si­den.
    Jenis in­si­den ter­diri atas in­si­den se­ba­gai ber­i­kut:
    1. Ke­ja­dian tidak di­ha­rap­kan (KTD) ada­lah in­si­den yang meng­a­ki­bat­kan ce­dera pada pa­sien.

      Mi­sal­nya, pa­sien jatuh dari tem­pat tidur dan me­nim­bul­kan luka pada per­ge­langan kaki.

    2. Ke­ja­dian tidak ce­dera (KTC) ada­lah in­si­den yang sudah me­nge­nai/​ter­pa­par pada pa­sien, te­tapi tidak ter­jadi ce­dera.

      Mi­sal­nya, pe­ra­wat salah mem­be­ri­kan obat ke­pada pa­sien, obat telah di­mi­num, te­tapi pa­sien tidak meng­a­lami ce­dera.

    3. Kon­disi po­ten­sial ce­dera sig­ni­fi­kan (KPCS) ada­lah semua si­tu­asi atau kon­disi ter­kait (se­lain dari pro­ses pe­nya­kit) yang ber­po­tensi me­nye­bab­kan ce­dera sig­ni­fi­kan / ke­ja­dian sen­ti­nel.

      Mi­sal­nya, DC shock rusak, wa­lau­pun belum ada pa­sien tapi ber­po­tensi me­nye­bab­kan ce­dera sig­ni­fi­kan.

    4. Ke­ja­dian nya­ris ce­dera (KNC) ada­lah in­si­den yang ter­jadi, te­tapi belum me­nge­nai/​ter­pa­par pada pa­sien ka­rena dapat di­ce­gah.

      Mi­sal­nya, ke­tika pe­ra­wat mau mem­be­ri­kan obat ke­pada pa­sien, saat me­nge­cek, ter­nyata obat yang di­be­r­i­kan oleh far­masi ada­lah obat milik pa­sien yang lain yang na­ma­nya mirip se­hingga obat ter­se­but tidak jadi di­be­r­i­kan.

    5. Sen­ti­nel ada­lah suatu ke­ja­dian yang tidak di­i­ngin­kan (unex­pe­cted oc­cur­rence) yang meng­a­ki­bat­kan ke­ma­tian atau ce­dera yang se­rius. Ke­ja­dian sen­ti­nel dapat be­rupa
      1. ke­ma­tian yang tidak di­duga, ter­ma­suk dan tidak ter­ba­tas hanya pada
        • ke­ma­tian yang tidak ber­hu­bungan de­ngan per­ja­lanan pe­nya­kit atau kon­disi pa­sien

          (con­toh: ke­ma­tian aki­bat pro­ses trans­fer yang ter­lam­bat);

        • ke­ma­tian bayi aterm; dan
        • bunuh diri;
      2. ke­hi­langan per­ma­nen fungsi yang tidak ter­kait pe­nya­kit atau kon­disi pa­sien;
      3. tin­dakan salah sisi, salah pro­se­dur, dan salah pa­sien;
      4. pen­cu­likan anak, ter­ma­suk bayi atau anak di­ki­rim ke rumah yang bukan rumah orang tu­a­nya; dan
      5. per­ko­saan, ke­ke­jaman di tem­pat kerja se­perti
        • pe­nye­rangan (ber­a­ki­bat ke­ma­tian atau ke­hi­langan fungsi se­cara per­ma­nen) atau
        • pem­bu­nuhan (yang di­se­ngaja) atas pa­sien, ang­gota ke­lu­arga, staf, dok­ter, pe­ngun­jung, atau ven­dor/​pihak ke­tiga ke­tika ber­ada dalam ling­kungan Pus­kes­mas.
  4. Pe­la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien yang se­lan­jut­nya di­se­but pe­la­poran in­si­den ada­lah suatu sis­tem untuk men­do­ku­men­ta­si­kan la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien.

    Pe­la­poran in­si­den ter­diri atas la­poran in­si­den in­ter­nal dan la­poran in­si­den eks­ter­nal.

  5. Sis­tem pe­la­poran di­ha­rap­kan dapat men­do­rong in­di­vidu di dalam Pus­kes­mas untuk pe­duli akan ba­haya atau po­tensi ba­haya yang dapat ter­jadi pada pa­sien.

    Pe­la­poran juga pen­ting di­gu­na­kan untuk me­man­tau upaya pen­ce­gahan ter­ja­di­nya ke­sa­lahan (error) se­hingga dapat men­do­rong di­la­ku­k­an­nya in­ves­ti­gasi.

    Di sisi lain, pe­la­poran akan men­jadi awal pro­ses bel­a­jar untuk men­ce­gah ke­ja­dian yang sama ter­u­lang kem­bali.

  6. Pus­kes­mas perlu me­la­ku­kan ana­li­sis de­ngan meng­gu­na­kan mat­riks pe­me­ring­katan (gra­ding) ri­siko yang akan me­nen­tu­kan jenis in­ves­ti­gasi in­si­den yang di­la­ku­kan se­te­lah la­poran in­si­den in­ter­nal.
    In­ves­ti­gasi ter­diri atas in­ves­ti­gasi se­der­hana dan in­ves­ti­gasi de­ngan Root Cause Anal­y­sis (RCA).
    In­ves­ti­gasi meng­gu­na­kan ana­li­sis akar ma­sa­lah (RCA) ter­diri atas
    • in­ves­ti­gasi se­der­hana (untuk gra­ding ri­siko warna hijau dan biru) dan
    • in­ves­ti­gasi kom­pre­hen­sif (untuk gra­ding ri­siko warna merah dan ku­ning).
    Pada ke­ja­dian sen­ti­nel tidak perlu mem­per­tim­bang­kan warna gra­ding.
  7. Pus­kes­mas perlu me­ne­tap­kan sis­tem pe­la­poran pem­bel­a­jaran ke­se­la­matan pa­sien pus­kes­mas (SP2KPP) in­si­den yang me­li­puti
    • ke­bi­jakan,
    • alur pe­la­poran,
    • for­mu­lir pe­la­poran,
    • pro­se­dur pe­la­poran,
    • in­si­den yang harus di­la­por­kan in­ter­nal,
      yaitu semua jenis in­si­den ter­ma­suk ke­ja­dian sen­ti­nel, ke­ja­dian tidak di­ha­rap­kan, ke­ja­dian nya­ris ce­dera, ke­ja­dian tidak ce­dera dan ke­ja­dian po­ten­sial ce­dera sig­ni­fi­cant.

    Se­men­tara itu, la­poran eks­ter­nal yang di­la­por­kan ada­lah IKP yang ter­ma­suk pada jenis in­si­den KTD dan ke­ja­dian sen­ti­nel yang telah di­la­ku­kan ana­lisa akar ma­sa­lah (RCA) dan ren­cana tin­dakan ko­rek­tif­nya.

    Di­ten­tukan juga siapa saja yang mem­buat la­poran, batas waktu pe­la­poran, in­ves­ti­gasi, dan tin­dak lan­jut­nya.

  8. Pe­la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien di­la­por­kan se­suai de­ngan ke­ten­tuan per­a­turan per­un­dang- un­dangan.

Ele­men Pe­ni­laian

  • a) Di­la­ku­kan pe­la­poran jika ter­jadi in­si­den se­suai de­ngan ke­bi­jakan dan pro­se­dur yang di­te­tap­kan ke­pada tim ke­se­la­matan pa­sien dan ke­pala pus­kes­mas yang di­ser­tai de­ngan ana­li­sis, in­ves­ti­gasi in­si­den, dan tin­dak lan­jut ter­ha­dap in­si­den (R, D, W).
    • 1. SK pe­la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien
    • 2. SOP pe­la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien se­cara in­ter­nal
    • 3. SOP pe­la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien se­cara eks­ter­nal
    • Bukti di­la­ku­kan pe­la­poran IKP, baik in­ter­nal atau eks­ter­nal
    • Bukti ana­li­sis, in­ves­ti­gasi in­si­den
    • Bukti tin­dak­lan­jut per­ba­ikan untuk men­ce­gah ter­ja­di­nya in­si­den se­cara ber­u­lang
    • Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pro­ses pe­la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien
  • b) Di­la­ku­kan pe­la­poran ke­pada Ko­mite Na­si­o­nal Ke­se­la­matan Pa­sien (KNKP) ter­ha­dap in­si­den, ana­li­sis, dan tin­dak lan­jut se­suai de­ngan ke­rangka waktu yang di­te­tap­kan (D, O, W)
    • Bukti pe­la­poran IKP me­la­lui ap­li­kasi pe­la­poran IKP, baik pe­la­poran nihil atau pe­la­poran jika ter­jadi KTD atau sen­ti­nel
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap pe­la­poran IKP me­la­lui ap­li­kasi pe­la­poran IKP
    • Peng­ga­lian in­for­masi ten­tang pro­ses pe­la­poran in­si­den ke­se­la­matan pa­sien ke KNKP