Kri­te­ria 5.4.2

Te­naga ke­se­hatan pem­beri asuhan ber­pe­ran pen­ting dalam mem­per­ba­iki pe­ri­laku dalam pem­be­rian pe­la­yanan yang men­cer­min­kan bu­daya mutu dan bu­daya ke­se­la­matan.

Pokok Pi­kiran

  1. Upaya pe­ning­katan mutu la­yanan kli­nis dan ke­se­la­matan pa­sien men­jadi tang­gung jawab se­lu­ruh te­naga ke­se­hatan yang mem­be­ri­kan asuhan pa­sien.

    Pus­kes­mas me­la­ku­kan peng­u­kuran bu­daya ke­se­la­matan pa­sien de­ngan me­la­ku­kan sur­vei bu­daya ke­se­la­matan pa­sien se­tiap tahun.

    Bu­daya ke­se­la­matan pa­sien juga di­ke­nal se­ba­gai bu­daya yang aman, yakni se­buah bu­daya or­ga­ni­sasi yang men­do­rong se­tiap in­di­vidu ang­gota staf (kli­nis atau ad­mi­nis­tra­tif) me­la­por­kan hal-hal yang meng­kha­wa­tir­kan ten­tang ke­se­la­matan atau mutu pe­la­yanan tanpa imbal jasa dari Pus­kes­mas.

  2. Te­naga ke­se­hatan ada­lah te­naga medis, pe­ra­wat, bidan, dan te­naga ke­se­hatan lain yang di­beri we­we­nang dan ber­tang­gung jawab untuk me­lak­sa­na­kan asuhan pa­sien.
  3. Pe­ri­laku ter­kait bu­daya ke­se­la­matan be­rupa
    • pe­nye­di­aan la­yanan yang baik,ter­ma­suk peng­am­bilan ke­pu­tusan ber­sama;
    • be­ker­ja­sama de­ngan pa­sien;
    • be­ker­ja­sama de­ngan te­naga ke­se­hatan lain;
    • be­ker­ja­sama dalam sis­tem la­yanan ke­se­hatan;
    • me­mi­ni­ma­li­sir ri­siko;
    • mem­per­ta­han­kan ki­nerja pro­fes­si­o­nal;
    • pe­ri­laku pro­fe­si­o­nal dan be­re­tika;
    • me­mas­ti­kan pe­lak­sa­naan pro­ses pe­la­yanan yang ter­stan­dar; dan
    • upaya pe­ning­katan mutu dan ke­se­la­matan ter­ma­suk ke­ter­li­batan dalam pe­la­poran dan tin­dak lan­jut in­si­den.
  4. Pe­ri­laku yang tidak men­du­kung bu­daya ke­se­la­matan se­perti:
    • pe­ri­laku yang tidak layak (inap­pro­pri­ate), an­tara lain, peng­gu­naan kata atau ba­hasa tubuh yang me­ren­dah­kan atau me­nying­gung pe­ra­saan se­sama staf, mi­sal­nya meng­um­pat dan me­maki;
    • pe­ri­laku yang meng­ganggu (dis­rup­tive), an­tara lain,
      • pe­ri­laku tidak layak yang di­la­ku­kan se­cara ber­u­lang,
      • ben­tuk tin­dakan ver­bal atau non­ver­bal yang mem­ba­ha­ya­kan atau meng­in­ti­mi­dasi staf lain,
      • ko­men­tar sem­brono di depan pa­sien yang ber­dam­pak me­nu­run­kan kre­di­bi­li­tas staf kli­nis lain, mi­sal­nya de­ngan me­ngo­men­tari ne­ga­tif hasil tin­dakan atau peng­o­batan staf lain di depan pa­sien de­ngan me­nga­ta­kan,

        "Obat­nya ini salah. Ta­matan mana dia?",

      • me­la­rang pe­ra­wat untuk mem­buat la­poran in­si­den,
      • me­ma­rahi staf kli­nis la­in­nya di depan pa­sien, atau
      • ke­ma­rahan yang di­tun­juk­kan de­ngan me­lem­par mem­bu­ang rekam medis di ruang rawat;
    • pe­ri­laku yang me­le­ceh­kan (ha­rass­ment) ter­kait de­ngan ras, agama, suku ter­ma­suk gen­der; dan
    • pe­le­cehan sek­sual.
  5. Mutu la­yanan kli­nis tidak hanya di­ten­tukan oleh sis­tem pe­la­yanan yang ada, te­tapi juga oleh pe­ri­laku dalam pem­be­rian pe­la­yanan.

    Te­naga ke­se­hatan perlu me­la­ku­kan eva­lu­asi ter­ha­dap pe­ri­laku dalam pem­be­rian pe­la­yanan dan me­la­ku­kan upaya per­ba­ikan, baik pada sis­tem pe­la­yanan ma­u­pun pe­ri­laku pe­la­yanan, yang men­cer­min­kan bu­daya ke­se­la­matan dan bu­daya per­ba­ikan pe­la­yanan kli­nis yang ber­ke­lan­jutan.

Ele­men Pe­ni­laian

  • a) Di­la­ku­kan peng­u­kuran bu­daya ke­se­la­matan pa­sien de­ngan me­la­ku­kan sur­vei bu­daya ke­se­la­matan pa­sien yang men­jadi acuan dalam prog­ram bu­daya ke­se­la­matan (D,W).
    • Bukti ob­ser­vasi ke­pa­tuhan ter­ha­dap kode etik dan per­a­turan in­ter­nal Pus­kes­mas, yang ter­diri dari unsur untuk me­ning­kat­kan mutu dan ke­se­la­matan pa­sien
    • Peng­ga­lian in­for­masi ter­kait latar be­la­kang pe­nyu­sunan kom­po­nen dalam kode etik dan Per­a­turan in­ter­nal yang di­su­sun untuk me­ning­kat­kan mutu dan ke­se­la­mata pa­sien
  • b) Pus­kes­mas mem­buat sis­tem untuk meng­i­den­ti­fi­kasi dan me­nyam­pai­kan la­poran pe­ri­laku yang tidak men­du­kung bu­daya ke­se­la­matan atau "tidak dapat di­te­rima" dan upaya per­ba­ik­an­nya (D, W).
    • Ter­da­pat me­ka­nisme atau sis­tem yang ter­tu­ang dalam SOP, untuk la­poran ter­ha­dap pe­ne­muan pe­ri­laku yang me­lang­gar kode etik dan per­a­turan in­ter­nal
    • Peng­ga­lian in­for­masi alur pe­la­poran dan sis­tem ja­minan ke­ra­ha­si­aan pe­la­por
  • c) Di­la­ku­kan edu­kasi ten­tang mutu kli­nis dan ke­se­la­matan pa­sien pada semua te­naga ke­se­hatan pem­beri asuhan (D, W)
    • Bukti so­si­a­li­sasi kode etik dan per­a­turan in­ter­nal, di­mana kom­po­nen­nya ter­diri dari unsur pe­ning­katan mutu dan ke­se­la­matan pa­sien
    • Ter­da­pat bukti tin­dak lan­jut atas pe­la­poran ada­nya tin­dakan yang me­lang­gar kode etik dan per­a­turan in­ter­nal
    • Peng­ga­lian in­for­masi ke­pada pe­tu­gas Pus­kes­mas, ter­kait pe­ma­haman­nya ter­ha­dap kode etik dan per­a­turan in­ter­nal Pus­kes­mas serta hu­bung­an­nya an­tara isi dalam kode etik dan per­a­turan in­ter­nal ter­se­but de­ngan pe­ning­katan mutu dan ke­se­la­matan pa­sien