Kri­te­ria 1.2.5

Pe­nye­leng­ga­raan pe­la­yanan UKM dan UKP di­lak­sa­na­kan de­ngan per­tim­bangan etik dalam peng­am­bilan ke­pu­tusan pe­la­yanan

Pokok Pi­kiran

  1. Pus­kes­mas meng­ha­dapi ba­nyak tan­tangan dalam mem­be­ri­kan pe­la­yanan ke­se­hatan yang aman dan ber­ku­a­li­tas.
    • Ke­ma­juan dalam bi­dang tek­no­logi ke­dok­teran,
    • sum­ber daya yang ter­ba­tas, dan
    • ha­rapan pa­sien yang terus me­ning­kat se­ja­lan de­ngan
    • se­ma­kin me­ning­kat­nya pen­di­dikan ma­sya­ra­kat serta
    • di­lema etik dan
    • kon­tro­versi yang se­ring ter­jadi
    telah men­jadi hal yang dapat di­ha­dapi oleh Pus­kes­mas.
  2. De­mi­kian pula, bila ke­pu­tusan me­nge­nai pe­la­yanan me­nim­bul­kan per­ta­nyaan, kon­flik, atau di­lema bagi Pus­kes­mas dan pa­sien, ke­lu­arga atau pem­buat ke­pu­tusan, dan la­in­nya.
    Di­lema ini dapat tim­bul dari ma­sa­lah
    • akses,
    • etik,
    • peng­o­batan atau
    • pe­mu­langan pa­sien, dan sebagainya.
  3. Pim­pinan Pus­kes­mas me­ne­tap­kan cara-cara pe­nge­lo­laan dan men­cari so­lusi ter­ha­dap di­lema ter­se­but.
    Pus­kes­mas meng­i­den­ti­fi­kasi siapa yang perlu di­li­bat­kan dalam pro­ses serta ba­gai­mana pa­sien dan ke­lu­ar­ga­nya ber­par­ti­si­pasi dalam pe­nye­le­saian di­lema etik.
  4. Etik ialah suatu norma atau nilai (value) me­nge­nai sikap batin dan pe­ri­laku ma­nu­sia.
    • Oleh sebab itu, masih ber­si­fat ab­strak, belum ter­tu­lis.
    • Jika sudah ter­tu­lis, di­se­but kode etik.
  5. Di­lema etik me­ru­pa­kan si­tu­asi yang di­ha­dapi oleh se­se­o­rang yang meng­ha­rus­kan di­bu­at­nya ke­pu­tusan me­nge­nai pe­ri­laku yang patut.
    Con­toh,
    • se­se­o­rang tidak ber­se­dia di­i­mu­ni­sasi ka­rena alasan ke­ya­kinan,
    • se­se­o­rang tidak ber­se­dia ber­sa­lin di fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan (fa­syan­kes) ka­rena alasan ke­ya­kinan,
    • per­tim­bangan me­na­gih atau tidak me­na­gih biaya pe­ra­watan ke­pada pa­sien-pa­sien yang tidak mampu,
    • ta­gihan biaya pe­ra­watan di­ang­gap lebih besar oleh pa­sien,
    • tidak me­la­ku­kan pe­me­rik­saan ke­ha­milan/​nifas ka­rena alasan ke­per­ca­yaan/​bu­daya se­tem­pat.
  6. Jika di­per­lu­kan, ke­pala Pus­kes­mas dapat mem­ben­tuk dan me­ne­tap­kan tim etik de­ngan ke­ang­go­taan ter­diri atas per­wa­kilan pe­la­yanan UKM, pe­la­yanan UKP, mutu dan ad­mi­nis­trasi ma­na­je­men.
  7. Du­kungan ke­pala dan/​atau pe­ga­wai Pus­kes­mas dalam pe­nye­le­saian di­lema etik yang ter­jadi dapat be­rupa
    • ad­vo­kasi ke­pada tokoh ma­sya­ra­kat/​tokoh agama,
    • pem­bi­naan,
    • ber­ko­or­di­nasi de­ngan dinas ke­se­hatan da­e­rah ka­bu­pa­ten/​kota dan
    • pihak ter­kait la­in­nya serta
    • ben­tuk du­kungan la­in­nya.

Ele­men Pe­ni­laian

  • Pus­kes­mas mem­pu­nyai pro­se­dur pe­la­poran dan pe­nye­le­saian bila ter­jadi di­lema etik dalam pe­la­yanan UKP dan pe­la­yanan UKM (R).
    • SOP ten­tang Pe­la­poran dan Pe­nye­le­saian Di­lema Etik.
  • Di­lak­sa­na­kan pe­la­poran apa­bila ter­jadi di­lema etik dalam pe­la­yanan UKP dan pe­la­yanan UKM (D, W).
    • Bukti pe­la­poran di­lema etik.
    • Ke­pala Pus­kes­mas:
      peng­ga­lian in­for­masi ter­kait di­lema etik yang per­nah ter­jadi dan pe­lak­sa­naan pe­la­por­an­nya.
  • Ter­da­pat bukti bahwa pim­pinan dan/​atau pe­ga­wai Pus­kes­mas men­du­kung pe­nye­le­saian di­lema etik dalam pe­la­yanan UKP dan pe­la­yanan UKM dan telah di­lak­sa­na­kan se­suai re­gu­lasi (D, W).
    • Bukti du­kungan ke­pala dan/​atau pe­ga­wai Pus­kes­mas dalam pe­na­nganan/ pe­nye­le­saian di­lema etik.
    • Ke­pala Pus­kes­mas:
      peng­ga­lian in­for­masi ter­kait pro­ses pe­na­nganan ter­ha­dap di­lema etik yang per­nah ter­jadi dan ben­tuk du­kungan ke­pala dan/​atau pe­ga­wai Pus­kes­mas dalam pe­na­nganan/ pe­nye­le­sai­an­nya.