Kri­te­ria 1.4.6

Pus­kes­mas me­nyu­sun dan me­lak­sa­na­kan pe­nge­lo­laan prog­ram untuk me­mas­ti­kan semua per­a­latan ke­se­hatan ber­fungsi dan men­ce­gah ter­ja­di­nya ke­ti­dak­ter­se­di­aan dan ke­ga­galan fungsi alat Ke­se­hatan

Pokok Pi­kiran

  1. Ma­na­je­men alat ke­se­hatan di­tu­ju­kan untuk:
    • me­mas­ti­kan bahwa semua alat ke­se­hatan ter­se­dia dan di­la­ku­kan ke­gi­atan pe­me­li­ha­raan dan ka­lib­rasi se­cara ber­kala agar semua alat ke­se­hatan ber­fungsi de­ngan baik;
    • me­mas­ti­kan bahwa in­di­vidu yang me­la­ku­kan pe­nge­lo­laan alat ke­se­hatan me­mi­liki ku­a­li­fi­kasi yang se­suai dan kom­pe­ten; dan
    • me­mas­ti­kan ope­ra­tor yang meng­o­pe­ra­si­kan alat ke­se­hatan ter­tentu telah ter­la­tih se­suai de­ngan kom­pe­tensi yang di­bu­tuh­kan.
  2. Peng­gu­naan Ap­li­kasi Sa­rana, Pra­sa­rana, dan Alat Ke­se­hatan (ASPAK) oleh Pus­kes­mas di­la­ku­kan untuk me­mas­ti­kan pe­me­nuhan ter­ha­dap stan­dar sa­rana, pra­sa­rana, dan alat ke­se­hatan.
  3. Data sa­rana, pra­sa­rana, dan alat ke­se­hatan di Pus­kes­mas harus di­in­put dalam ASPAK dan di­va­li­dasi oleh dinas ke­se­hatan da­e­rah ka­bu­pa­ten/​kota untuk men­ja­min ke­be­nar­an­nya.
  4. Agar tidak ter­jadi ke­ter­lam­batan atau gang­guan dalam pe­la­yanan, alat ke­se­hatan harus ter­se­dia, ber­fungsi de­ngan baik, dan siap di­gu­na­kan saat di­per­lu­kan.

    Ma­na­je­men alat ke­se­hatan yang di­mak­sud me­li­puti ke­gi­atan pe­me­rik­saan dan ka­lib­rasi se­cara ber­kala, se­suai de­ngan pan­duan pro­duk tiap alat ke­se­hatan.

  5. Pe­me­rik­saan alat ke­se­hatan yang di­la­ku­kan pe­tu­gas me­li­puti:
    • kon­disi alat,
    • ada ti­dak­nya ke­ru­sakan,
    • ke­ber­sihan,
    • sta­tus ka­lib­rasi, dan
    • fungsi alat.
  6. Pe­lak­sa­naan ka­lib­rasi di­la­ku­kan oleh pihak yang kom­pe­ten se­suai de­ngan ke­ten­tuan per­a­turan per­un­dang-un­dangan.

Ele­men Pe­ni­laian

  1. Di­la­ku­kan in­ven­ta­ri­sasi alat ke­se­hatan se­suai de­ngan ASPAK (D).
    • Bukti ke­se­su­aian in­ven­ta­ri­sasi alkes de­ngan ASPAK.
  2. Di­la­ku­kan pe­me­nuhan kom­pe­tensi bagi staf dalam meng­o­pe­ra­si­kan alat ke­se­hatan ter­tentu (D, W).
    • Bukti pe­me­nuhan kom­pe­tensi staf dalam meng­o­pe­ra­si­kan alat ke­se­hatan ter­tentu
      con­toh peng­a­juan pe­la­tihan meng­o­pe­ra­si­o­nal­kan alat ke dinas ke­se­hatan
    • Pe­tu­gas yang ber­tang­gung­ja­wab dalam meng­o­pe­ra­si­kan alat: peng­ga­lian in­for­masi ten­tang meng­o­pe­ra­si­kan alat ke­se­hatan ter­tentu
  3. Di­la­ku­kan pe­me­li­ha­raan dan ka­lib­rasi ter­ha­dap alat ke­se­hatan se­cara pe­ri­o­dik (R, D, O, W)
    • SOP pe­me­li­ha­raan alat ke­se­hatan
    • Jad­wal pe­me­li­ha­raan alat
    • Bukti pe­me­li­ha­raan alat ke­se­hatan
    • Bukti ka­lib­rasi alat ke­se­hatan
      Ca­tatan:
      • Jika pe­lak­sa­naan ka­lib­rasi di­la­ku­kan oleh Din­kes Kab/​Kota, maka Pus­kes­mas cukup me­nye­rah­kan
      • surat Per­mo­honan peng­a­juan ka­lib­rasi be­serta
      • no­tu­len pem­ba­hasan ten­tang ka­lib­rasi (no­tu­len lo­k­o­karya bu­lanan dan/ atau per­te­muan tin­jauan ma­na­je­men)
    • Peng­a­matan sur­ve­ior ter­ha­dap alat ke­se­hatan yang di­la­ku­kan pe­me­li­ha­raan dan ka­lib­rasi
    • Pe­tu­gas yang ber­tang­gung jawab ter­ha­dap pe­me­li­ha­raan dan ka­lib­rasi alat ke­se­hatan: peng­ga­lian in­for­masi ter­kait pe­me­li­ha­raan dan ka­lib­rasi alat ke­se­hatan